Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode fun learning berbasis permainan Qr Code dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMKN 26 Jakarta. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi hambatan serta faktor-faktor yang mendukung implementasi metode tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi, tes, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X TBKR SMKN 26 Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode fun learning berbasis Qr Code dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik, menyenangkan, dan bermakna. Siswa menunjukkan menjadi lebih aktif, antusias, dan termotivasi melalui aktivitas mencari dan memindai Qr Code berisi soal di berbagai lokasi strategis di lingkungan sekolah. Metode belajar ini juga mendorong kerja sama tim, meningkatkan rasa ingin tahu, serta memperdalam pemahaman terhadap materi ajar, terutama dalam pembahasan Syu’abul Iman. Guru menilai bahwa strategi ini sangat efektif karena mampu meningkatkan partisipasi siswa dan memanfaatkan teknologi secara tepat guna. Dengan demikian, metode ini menjadi salah satu alternatif pembelajaran yang relevan di era digital.
Copyrights © 2025