Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) terhadap kreativitas mahasiswa Universitas Islam Jakarta. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi dan korelasi. Sampel terdiri dari 29 mahasiswa peserta program MSIB, dipilih secara purposive. Instrumen penelitian berupa angket tertutup yang disusun berdasarkan indikator kreativitas dari teori Torrance dan Amabile. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan positif yang kuat antara keaktifan mahasiswa dalam program MSIB dan tingkat kreativitasnya, dengan nilai koefisien korelasi Pearson (rₓᵧ) sebesar 0,798. Nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 (< 0,05) mengindikasikan bahwa hubungan tersebut signifikan secara statistik. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,637 menunjukkan bahwa keaktifan mahasiswa dalam program MSIB berkontribusi sebesar 63,7% terhadap variasi tingkat kreativitas mahasiswa, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.
Copyrights © 2025