Pembentukan karakter menjadi dimensi fundamental dalam pendidikan Islam yang tidak hanya berorientasi pada pencapaian akademik, tetapi juga pada penguatan nilai-nilai moral, spiritual, dan sosial. Dalam konteks tersebut, kegiatan Pramuka di lembaga pendidikan Islam berfungsi sebagai instrumen strategis yang mengintegrasikan pembiasaan disiplin, tanggung jawab, dan kepemimpinan dengan nilai-nilai keislaman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana implementasi kegiatan Pramuka di MAS Darul Mu’alla Kabupaten Merangin dapat berkontribusi terhadap pembentukan karakter siswa berbasis nilai-nilai Islam. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Pramuka berperan signifikan dalam membentuk karakter religius, mandiri, dan sosial siswa melalui pembiasaan ibadah, kegiatan sosial, serta penerapan Dasa Darma Pramuka yang dikontekstualisasikan dengan ajaran Islam. Kegiatan ini juga memperkuat peran guru sebagai pembina karakter dan meningkatkan sinergi antara madrasah, keluarga, serta masyarakat. Implikasi penelitian ini menegaskan pentingnya penguatan program kepramukaan berbasis nilai Islam sebagai model efektif pendidikan karakter yang holistik dan berkelanjutan di lingkungan madrasah
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025