JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): 2022

Analisis Kemampuan Literasi Sains Menggunakan Teknik Tes Pada Siswa Kelas V SD Negeri 04 Pancuang Soal Pesisir Selatan

Marfilinda, Riri (Unknown)
Andoko, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Literasi sains adalah kemampuan yang wajib dimiliki oleh setiap anak mulai dari sejak dini. Literasi sains adalah kemampuan seseoarang untuk memahami sains untuk memecahkan masalah sehingga memiliki sikap dan kepekaan yang tinggi terhadap diri dan lingkungannya. Bersasarkan studi PISA dari tahun 2000-2018 menunjukkan bahwa nilai rata-rata sains Indonesia lebih rendah dari rata-rata internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi sains siswa pada kelas V SD Negeri 04 Pancuang Soal Pesisir Selatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar tes soal literasi sains yang terdiri dari 15 butir soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukan perolehan nilai dari 23 siswa kelas V, maka diperoleh untuk klasifikasi tinggi sebanyak 5 orang, klasifikasi sedang sebanyak 14 orang. Sedangkan untuk kalasifikasi rendah terdapat 4 orang. Dari data diatas dapat kita lihat masih banyak siswa belum mampu memahami dan mengidentifikasi menganai literasi sains. Berdasarkan tafsiran persentase maka dapat disimpulkan kemampuan literasi sains siswa kelas V SD Negeri 04 Pancuang Soal Pesisir Selatan pada aspek pengetahuan secara keseluruhan sebesar 51,3% termasuk pada kategori “kurang sekali”.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...