Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi media Book World dalam meningkatkan kemampuan literasi anak usia 5–6 tahun di TK Al-Khairat Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informasi diperoleh dari guru kelompok B, kepala sekolah, dan orang tua yang terlibat dalam proses pembelajaran menggunakan media Book World. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Book World yang terdiri atas buku cerita bergambar, kartu huruf, kartu kata, serta bahan alam seperti kerikil, daun, dan ranting, efektif dalam meningkatkan kemampuan menyimak, membaca, menulis, dan berkomunikasi anak. Anak-anak menunjukkan antusiasme tinggi saat berinteraksi dengan media, dan guru dapat mengelola pembelajaran literasi secara lebih kreatif dan kontekstual. Kendala yang dihadapi antara lain adalah keterbatasan ketersediaan bahan dan waktu implementasi. Namun demikian, media Book World terbukti menjadi sarana pembelajaran yang menyenangkan, dan mampu menumbuhkan minat literasi sejak usia dini.
Copyrights © 2025