Cokroaminoto Journal of Primary Education
Vol. 8 No. 3 (2025): Juli - September 2025

Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN 72 Palembang

Damayanti, Tri (Unknown)
Jayanti, Jayanti (Unknown)
Manullang , Jujur Gunawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2025

Abstract

Bagaimana pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pemebelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 72 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen (true ekperimental design). Variabel bebas dari penelitian ini yaitu Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa kelas II SDN 72 Palembang. Metode penelitian ini menggunakan desain postest control group design dengan sampel siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil analisis data post test menunjukkan bawa rata-rata nilai eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji- t, pada pengujian hipotesis diperoleh nilai t hitung > t tabel atau 0,05 > 0,133, berdasarkan uji independent sampel test-t pada penelitian ini diperoleh nilai sig (2- tailled) 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulan bahwa nilai signifikan lebih kecil dari 0,05, maka Ho ditolak dan Ha (terdapat pengaruh) diterima.Dapat di simpulkan bahwa adanya pengaruh pada strategi mind mapping berbasiscanva terhadap literasi membaca siswa SD Negeri 72 Palembang

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cjpe

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

The focus of this journal is primary education, which covers related aspects such as students, teachers, teaching materials, evaluation and assessment, curriculum, and lesson ...