Cokroaminoto Journal of Primary Education
Vol. 8 No. 3 (2025): Juli - September 2025

Peran Pendekatan Matematika Realistik dalam Meningkatkan Pemahaman Matematis dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar: Systematic Literature Review

Mahanani, Christina Lestari Retno (Unknown)
Susi, Neneng Kania (Unknown)
Ranti, Ranti (Unknown)
Arifin, M. Zainal (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2025

Abstract

Seorang guru matematika di sekolah dasar membutuhkan metode dan pendekatan pembelajaran yang tepat dalam mengajar agar siswa mendapatkan pemahaman konsep secara lebih mendalam dan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Salah satu pendekatan efektif yang dapat diterapkan pada saat mengajar matematika di kelas adalah Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Penelitian yang dilakukan ini bertujuan menemukan peran atau pengaruh PMR untuk meningkatkan pemahaman matematis dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang dipergunakan adalah studi literatur sistematis (Systematic Literature Review). Sebanyak 100 artikel ditemukan menggunakan aplikasi Publish on Perish dalam pencarian Google Scholar. Lima belas (15) artikel relevan kemudian dianalisis dan sintesis untuk menemukan temuan tentang peran PMR dalam meningkatkan pemahaman matematis siswa dan hasil belajar mereka di sekolah dasar. Hasil penelitian menyimpulkan, PMR mampu meningkatkan hasil belajar dan pemahaman matematis. PMR sebuah pendekatan pembelajaran yang berpusat kepada siswa untuk menciptakan pengalaman bermakna. PMR membantu siswa memahami konsep melalui contoh kehidupan sehari-hari dan mendorong proses berpikir logis sistematis. Akibatnya, pemahaman matematis siswa diperkuat dan hasil belajarnya akan berdampak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cjpe

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

The focus of this journal is primary education, which covers related aspects such as students, teachers, teaching materials, evaluation and assessment, curriculum, and lesson ...