Cokroaminoto Journal of Primary Education
Vol. 8 No. 3 (2025): Juli - September 2025

Pengaruh Model Problem Based Learning melalui Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa Sekolah Dasar

Sofianti, Gina (Unknown)
Rasmitadila, Rasmitadila (Unknown)
Nirmala, Sri Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2025

Abstract

Keterampilan abad ke-21, khususnya kemampuan berpikir kritis dan kreatif, merupakan kompetensi esensial yang harus dikuasai siswa untuk menghadapi tantangan global. Namun, hasil survei internasional seperti PISA tahun 2022 menunjukkan bahwa capaian siswa Indonesia dalam kedua aspek tersebut masih tergolong rendah. Urgensi penelitian ini adalah menemukan model pembelajaran yang efektif dalam menstimulasi kemampuan berpikir kritis dan kreatif sejak jenjang sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning (PBL) melalui pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa sekolah dasar. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri di Kecamatan Parungpanjang, dengan sampel dipilih secara purposive sampling. Sampel terdiri atas kelas VA SDN Gorowong 02 sebagai kelas eksperimen (24 siswa) dan kelas VB SDN Gorowong 04 sebagai kelas kontrol (24 siswa). Instrumen penelitian meliputi tes kemampuan berpikir kritis dan kreatif, lembar observasi aktivitas, serta angket respon siswa. Data dianalisis menggunakan uji-t independen dan perhitungan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Rata-rata N-Gain berpikir kritis pada kelas eksperimen sebesar 0,65 (kategori sedang), lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 0,45. Untuk berpikir kreatif, rata-rata N-Gain kelas eksperimen mencapai 0,73 (kategori tinggi), sedangkan kelas kontrol hanya 0,64. Hasil uji-t menunjukkan nilai sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelas. Dengan demikian, model Problem Based Learning melalui pembelajaran berdiferensiasi memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa sekolah dasar, serta dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang relevan dengan tuntutan pendidikan abad ke-21.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cjpe

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

The focus of this journal is primary education, which covers related aspects such as students, teachers, teaching materials, evaluation and assessment, curriculum, and lesson ...