Keadaan emosional yang sedang dihadapi individu akan mempengaruhi keyakinan individu dalam menjalankan tugasnya. Individu yang ragu akan kemampuan mereka atau efikasi diri yang rendah akan menjauhi tugas-tugas yang sulit karena tugas tersebut dipandang sebagai ancaman bagi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan self-efficacy dengan konsep diri pada siswa di SMA Negeri 3 Kota Kediri. Desain penelitian Cross Sectional. Teknik pengambilan data menggunakan Cluster Random Sampling. Sample yang diambil berjumlah 78 responden siswa kelas 10. Alat pengambilan data berupa kuesioner. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS. Analisa data dilakukan dengan uji korelasi menggunakan Spearman Rho dan signifikan ditentukan apabila p value kurang dari 0,05. Hasil penelitian didapatkan sebagian besar responden memiliki self-efficacy sedang yaitu sejumlah 44 responden, hampir setengah dari responden memiliki konsep diri sedang yaitu sejumlah 38 responden. Hasil analisis korelasi dengan nilai p = 0, 000 maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti adanya hubungan antara self-efficacy dengan konsep diri pada siswa dengan r = -0,464 yang artinya kekuatan sangat lemah. Berdasarkan penelitian ini disarankan bahwa siswa harus mengikuti kegiatan yang dapat meningkatkan keyakinan dan rasa percaya diri melalui pencapaian.
Copyrights © 2025