Pemahaman akuntansi adalah tingkat pemahaman mengenai proses pencatatan, pelaporan mengenai informasi posisi keuangan sebuah instansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, motivasi belajar, kecerdasan Intelektual terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang pada tahun ajaran 2019, 2020, dan 2021.Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang sejumlah 438. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 81 responden dengan menggunakan rumus slovin. Dalam penelitian ini menggunakan variabel independen dan variabel dependen. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Motivasi belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Kecerdasan intelektual berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Untuk peneliti selanjutnya disarankan mengembangkan penelitian dengan menambah variabel lain yang belum diteliti memperpanjang periode penelitian dan memperluas tempat penelitian.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025