cover
Contact Name
Sabrina
Contact Email
admin@journal.syalmaglobal.com
Phone
+6282135037155
Journal Mail Official
admin@journal.syalmaglobal.com
Editorial Address
Jl. Cempedak Utara
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Inovasi Kewirausahaan
ISSN : 3090854X     EISSN : 30908531     DOI : -
Core Subject : Science,
The Jurnal Manajemen dan Inovasi Kewirausahaan (JMIK) is a peer-reviewed academic journal that aims to disseminate high-quality research in the fields of management, entrepreneurship, and related areas of accounting. The journal serves as a platform for innovative research that explores both theoretical and practical aspects of management practices, entrepreneurship, and organizational innovation. JMIK focuses on the latest trends and practices in business management, entrepreneurial leadership, strategic decision-making, and organizational development. The journal encourages interdisciplinary studies that examine how these fields intersect and evolve in today’s dynamic global business environment. In addition to its emphasis on management and entrepreneurship, JMIK also explores the role of accounting in supporting entrepreneurial ventures and innovation, particularly in how financial management practices influence the growth and sustainability of new businesses. By providing a forum for high-impact research, JMIK aims to contribute to the development of effective business strategies and policies that foster entrepreneurship and innovation. The journal seeks to bridge the gap between academic research and practical application, promoting the exchange of knowledge and ideas among researchers, practitioners, and policymakers to foster sustainable business development and entrepreneurial ecosystems.
Articles 15 Documents
Dampak WOM, Kualitas Pelayanan, dan Variasi Produk pada Minat Beli Ulang Loenpia Azka, Umi Hanifatul; Amaliyah, Erlina Dewi Endah; Prabasari, Bonita
JMIK: Jurnal Manajemen dan Inovasi Kewirausahaan Vol. 1 No. 1 (2025): Jurnal Manajemen dan Inovasi Kewirausahaan (JMIK)
Publisher : PT. Syalma Global Solution

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.64532/7wxse173

Abstract

Persaingan bisnis kuliner di Semarang semakin ketat, terutama dengan banyaknya merk Loenpia yang bermunculan. Pengusaha dituntut untuk mempunyai strategi yang baik agar tetap eksis. Oleh sebab itu, penting untuk memahami minat beli ulang konsumen dan faktor-faktor yang memengaruhinya agar penjualan dapat terus meningkat. Analisis dampak word of mouth, kualitas pelayanan, dan variasi produk pada minat beli ulang di Java Loenpia Semarang ditetapkan sebagai tujuan dalam studi ini. Menggunakan pendekatan kuantitatif, sampel penelitian meliputi 96 responden yang dipilih dengan purposive sampling. Responden adalah konsumen Java Loenpia yang berdomisili di Semarang, berusia minimal 17 tahun, dan telah membeli minimal tiga kali. Data dikumpulkan dengan kuesioner. Serta regresi berganda dengan SPSS 25 digunakan sebagai alat dalam menganalisis. Hasil penelitian ini membuktikan bahwasanya secara parsial  word of mouth, kualitas pelayanan, dan variasi produk berdampak positif serta signifikan pada minat beli ulang. Sementara itu, secara simultan word of mouth, kualitas pelayanan, dan variasi produk berdampak positif serta signifikan pada minat beli ulang. Dengan nilai koefisien determinasi (R2) yaitu 0.616. Artinya variable independent yaitu word of mouth, kualitas pelayanan, serta variasi produk memberi kontribusi pengaruh yaitu 61,6 % pada minat beli ulang.
Peran Customer Engagement dalam Meningkatkan Minat Beli pada Social Commerce Rahmawati, Rinda; Adriyanto, Andhy Tri
JMIK: Jurnal Manajemen dan Inovasi Kewirausahaan Vol. 1 No. 1 (2025): Jurnal Manajemen dan Inovasi Kewirausahaan (JMIK)
Publisher : PT. Syalma Global Solution

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.64532/favfxk75

Abstract

menggabungkan kekuatan media sosial dengan transaksi online. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh Pemasaran Konten dan Influencer terhadap Minat Beli Konsumen melalui Keterlibatan Pelanggan sebagai variabel mediasi pada pengguna TikTok Shop di Kota Semarang.  Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 responden yang dipilih menggunakan teknik accidental sampling, dengan kriteria responden adalah warga yang pernah berbelanja di TikTok Shop minimal 3 kali dan berusia minimal 18 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis path analysis menggunakan program SPSS versi 26. Hasil analisis menunjukkan bahwa Pemasaran Konten dan Influencer berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keterlibatan Pelanggan. Selain itu, Pemasaran Konten, Influencer, dan Keterlibatan Pelanggan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Konsumen.  Keterlibatan Pelanggan mampu memediasi hubungan antara Pemasaran Konten dan influencer terhadap minat beli. Keterbatasan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat sisa nilai yang belum dijelaskan pada variabel Keterlibatan Pelanggan dan Minat Beli Konsumen. Penelitian mendatang dapat fokus pada identifikasi variabel lain yang mempengaruhi kedua aspek tersebut, seperti, personalisasi konten menggunakan AI, micro influencer marketing, dan konten interaktif
Keputusan Investasi: Literasi Keuangan, Perilaku, dengan Moderasi Persepsi Risiko Kue, Apolonia; Ristianawati, Yuyun
JMIK: Jurnal Manajemen dan Inovasi Kewirausahaan Vol. 1 No. 1 (2025): Jurnal Manajemen dan Inovasi Kewirausahaan (JMIK)
Publisher : PT. Syalma Global Solution

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.64532/tnykbw91

Abstract

Perkembangan ekonomi di era globalisasi harus dengan pengelolaan keuangan yang lebih hati-hati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, dan perilaku keuangan terhadap keputusan investasi dengan persepsi resiko sebagai variabel moderating. Variabel independen yang digunakan adalah literasi keuangan dan perilaku keuangan. Variabel dependen yang di gunakan adalah keputusan investasi. Variabel moderating yang digunakan adalah persepsi resiko.Populasi dalam penelitian ini adalah pada mahasiswa kelompok studi pasar modal, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Totalwin Semarang pada tahun 2019-2022. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah metode sensus dengan sampel sebanyak 103 responden. Metode analisis penelitian ini menggunakan regresi linear berganda dan analisis regresi moderating. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa literasi keuangan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan investasi, perilaku keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi, persepsi resiko tidak mampu memoderasi pengaruh antara literasi keuangan dan perilaku keuangan terhadap keputusan investasi. Penelitian mendatang dapat fokus pada literasi keuangan dan perilaku keuangan
Peran Citra Merek dan Harga dalam Keputusan Pembelian R&R Skin Aulia, Dila; Azz, Istajib Kulla Himmy; Lusiana, Santa
JMIK: Jurnal Manajemen dan Inovasi Kewirausahaan Vol. 1 No. 1 (2025): Jurnal Manajemen dan Inovasi Kewirausahaan (JMIK)
Publisher : PT. Syalma Global Solution

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.64532/0hbgag84

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis “Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian skincare dari R&R Skin” E- Commerce Tiktokshop. Skincare adalah rangkaian aktivitas yang mendukung kesehatan kulit kita, meningkatkan penampilan dan meringankan kondisi kulit wajah kita. Skinacare juga dapat menutrisi kulit hingga dapat menghindari dampak negative dari paparan sinar matahari yang berlebihan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga terhadap keputusan pembelian Skincare dari R&R Skin, Variabel bebas pada penelitian ini adalah Citra Merek, Persepsi Harga, dan Variabel terikatnya adalah keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden yang merupakan Distributor, Agen, dan Reseller dari R&R Skin. Hasil penelitian ini menemukan bahwa citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian, artinya Merek dengan reputasi baik dan nilai yang relevan cenderung lebih dipilih, karena konsumen merasa yakin produk tersebut dapat memenuhi harapan mereka, sehingga mendorong mereka untuk melakukan pembelian. Selanjutnya Persepsi harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian, artinya arga yang dianggap wajar dan sebanding dengan kualitas dapat mendorong pembelian, sementara harga yang terlalu tinggi atau rendah dapat mengurangi minat beli, tergantung pada ekspektasi dan kebutuhan konsumen
Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi Sekolah Tinggi  Ilmu Ekonomi Semarang Febriana, Elsya Ayu; Novandalina, Arini
JMIK: Jurnal Manajemen dan Inovasi Kewirausahaan Vol. 1 No. 1 (2025): Jurnal Manajemen dan Inovasi Kewirausahaan (JMIK)
Publisher : PT. Syalma Global Solution

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.64532/jrqbvs59

Abstract

Pemahaman akuntansi adalah tingkat pemahaman mengenai proses pencatatan, pelaporan mengenai informasi posisi keuangan sebuah instansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, motivasi belajar, kecerdasan Intelektual terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang pada tahun ajaran 2019, 2020, dan 2021.Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang sejumlah 438. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 81 responden dengan menggunakan rumus slovin. Dalam penelitian ini menggunakan variabel independen dan variabel dependen. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Motivasi belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Kecerdasan intelektual berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Untuk peneliti selanjutnya disarankan mengembangkan penelitian dengan menambah variabel lain yang belum diteliti memperpanjang periode penelitian dan memperluas tempat penelitian.
Pengaruh Literasi Keuangan, Perilaku Konsumtif dan Fintech (Paylater) Terhadap Pengelolaan Keuangan Individu Sunarti, Dwi; Eka Kurnia Patmasari; Nugroho, Mahfud
JMIK: Jurnal Manajemen dan Inovasi Kewirausahaan Vol. 1 No. 2 (2025): Jurnal Manajemen dan Inovasi Kewirausahaan (JMIK)
Publisher : PT. Syalma Global Solution

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.64532/bng15w21

Abstract

Penelitian ini pada dasarnya bertujuan untuk mengetahui pengaruh Literasi Keuagan, Perilaku Konsumtif dan Fintech dalam ham ini adalah Paylater terhadap Pengelolaan Keuangan Individu Pada Generasi Z di Kabupaten Kendal. Pada penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif, yaitu data yang dihitung berupa angka-angka yang diperoleh dengan penyebaran kuesioner terhadap responden. Populasi sebanyak 242.233 orang dengan teknik penentuan sampel dalam penelitian adalah menggunakan rumus slovin, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Kemudian diolah menggunakan aplikasi statistik SPSS versi 26, dengan metode analisis data menggunakan uji kualitas data, uji analisis statistik data, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Literasi Keuangan berpengaruh positif terhadap pengelolaan keuangan individu, sedangkan Perilaku Konsumtif dan Fintech (Paylater) secara parsial berpengaruh negatif terhadap pengelolaan keuangan individu. Hasil penelitian ini secara simultan juga menunjukkan bahwa literasi keuangan, perilaku konsumtif dan fintech (paylater) secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap pengelolaan keuangan individu.
Analisis Financial Distress dengan Model Altman, Springate, dan Zmijewski di BEI Inayah, Nila Nihayatul; Eka Kurnia Patmasari; Prasetyo, Ageng
JMIK: Jurnal Manajemen dan Inovasi Kewirausahaan Vol. 1 No. 2 (2025): Jurnal Manajemen dan Inovasi Kewirausahaan (JMIK)
Publisher : PT. Syalma Global Solution

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.64532/0z77mr90

Abstract

Model Altman Z”-Score, Springate, dan Zmijewski dimanfaatkan pada kajian ini guna menilai kemungkinan terjadinya financial distress dan membandingkan tingkat akurasi tiap-tiap model dalam memprediksinya. Penelitian ini bersifat kualitatif dan deskriptif. Data sekunder dari laporan keuangan tahunan perusahaan digunakan. Perusahaan-perusahaan di subsektor transportasi darat yang terdata di BEI antara tahun 2020 dan 2023 menjadi objek kajian. Temuan kajian memperlihatkan bahwasanya model Altman Z”-Score, Springate, dan Zmijewski memiliki prediksi yang berbeda. Lima dari sembilan perusahaan diprediksi oleh model Altman Z”-Score akan mengalami financial distress , tiga berada di zona abu-abu, dan satu diprediksi sehat atau tidak mengalami financial distress . Delapan dari sembilan perusahaan dalam model Springate diperkirakan akan mengalami financial distress , sementara satu perusahaan diperkirakan sehat atau tidak mengalami financial distress . Sebaliknya, dua dari sembilan perusahaan dalam model Zmijewski diperkirakan akan mengalami financial distress , sementara tujuh perusahaan lainnya diperkirakan sehat atau tidak mengalami financial distress. Model Zmijewski mempunyai tingkat akurasi tertinggi di antara ketiga teknik prediksi financial distress  (58,33%), diikuti oleh model Springate (44,44%), dan model Altman Z”-Score mempunyai tingkat akurasi terendah (38,89%).
Decoding Customer Choices: Unraveling the Impact of Personality, Reputation, and Shariah Compliance on Financial Service Selection Kharisma Putra, Gilang; Fitria Yuni, Astuti; Arum , Pujiastuti
JMIK: Jurnal Manajemen dan Inovasi Kewirausahaan Vol. 1 No. 2 (2025): Jurnal Manajemen dan Inovasi Kewirausahaan (JMIK)
Publisher : PT. Syalma Global Solution

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.64532/7sm7em75

Abstract

This research investigates whether personality, reputation, and Sharia compliance influence customers' choices when using financial services in Kendal Regency. This study employs a quantitative research method to test the proposed hypothesis. The research population comprises all customers of Sharia-compliant banks in Kendal Regency. A purposive sampling approach was used to select a sample of 122 respondents for this study. The results show that reputation and sharia compliance positively related to customer choices. However, personality does not affect the customer choices. This research includes a broader range of respondents from all Shariah-compliant banks in Kendal, while prior research only focused on one specific bank branch. These results are expected to provide valuable insights for the banking industry, especially in the marketing department, to implement effective strategies to attract customers. In conclusion, the findings of this research shed light on the factors that can influence customers' decisions in Shariah banks and can serve as useful input for the banking industry in developing effective marketing strategies to attract customers.
Pengaruh Lingkungan Kerja dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Loyalitas Karyawan Aldy; Siti , Mardah; Citra , Amelia
JMIK: Jurnal Manajemen dan Inovasi Kewirausahaan Vol. 1 No. 2 (2025): Jurnal Manajemen dan Inovasi Kewirausahaan (JMIK)
Publisher : PT. Syalma Global Solution

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.64532/vr3jhh47

Abstract

Premis utama dari penelitian ini adalah bahwa loyalitas karyawan sangat penting untuk menjaga stabilitas dan efektivitas operasi bisnis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji bagaimana lingkungan kerja dan gaya kepemimpinan PT. Lingkar Sakti Mas Banjarmasin memengaruhi loyalitas karyawan. Seluruh populasi yang terdiri dari 32 karyawan menjadi responden untuk penelitian kuantitatif ini, yang menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh. Kuesioner skala Likert yang tervalidasi dan reliabel digunakan untuk mengumpulkan data. Regresi linier berganda digunakan untuk analisis. Dengan nilai t hitung sebesar 6,021 > t tabel 2,042 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, temuan menunjukkan bahwa loyalitas karyawan (Y) secara signifikan dipengaruhi oleh lingkungan kerja (X1). Dengan nilai t hitung sebesar 2,416 > t tabel 2,042 dan signifikansi 0,022 < 0,05, gaya kepemimpinan (X2) juga menunjukkan pengaruh yang signifikan secara parsial. Nilai F hitung sebesar 25,123 > F tabel 3,328 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 secara simultan menunjukkan bahwa kedua variabel memiliki dampak signifikan terhadap loyalitas karyawan. Kesimpulannya, peningkatan standar tempat kerja dan kepemimpinan yang mumpuni secara langsung meningkatkan loyalitas karyawan di dalam organisasi.
Dampak Fake Reviews dan Influencer Marketing terhadap Keputusan Pembelian: Peran Minat Beli sebagai Mediasi Andhy, Andhy Tri Adriyanto; Rama, Gregorius Rama Putu Wijaya Putra
JMIK: Jurnal Manajemen dan Inovasi Kewirausahaan Vol. 1 No. 2 (2025): Jurnal Manajemen dan Inovasi Kewirausahaan (JMIK)
Publisher : PT. Syalma Global Solution

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.64532/9yvv5y06

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi pengaruh ulasan palsu dan influencer marketing terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel mediasi. Menggunakan purposive sampling, penelitian ini melibatkan 96 responden dan dianalisis dengan SPLS versi 4. Hasilnya menunjukkan bahwa ulasan palsu dan influencer marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Namun, ulasan palsu tidak berdampak langsung pada keputusan pembelian, sementara influencer marketing berpengaruh signifikan. Minat beli terbukti sebagai mediator yang memperkuat hubungan antar variabel. Temuan ini menekankan pentingnya transparansi ulasan dan peran influencer dalam strategi pemasaran digital. Implikasi dari penelitian ini dapat digunakan oleh pelaku bisnis dalam menyusun strategi pemasaran yang lebih efektif. Selain itu, konsumen juga diharapkan lebih kritis dalam menyikapi ulasan dan rekomendasi dari influencer. Penelitian ini juga memberikan wawasan bagi platform digital untuk meningkatkan regulasi terkait ulasan produk guna menjaga kepercayaan konsumen.

Page 1 of 2 | Total Record : 15