Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan media, dan respon siswa terhadapmedia video tutorial tata rias film. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, yangberfokus pada pemberian gambaran secara mendetail tentang fenomena yang diteliti. Penelitian ini menggunakanmodel Research and Development (R&D) pengembangan empat dimensi (4D). Metode pengumpulan datadengan menyebarkan angket kepada 7 validator media.Hasil penelitian menunjukkan tahapan yang dilaksanakanpada model pengembangan empat dimensi yaitu: pendefinisian (Define) dengan cara observasi dan wawancara,menyusun perangkat pembelajaran, menyiapkan instrumen penelitian yang sudah divalidasi, perancangan(Design) dengan cara merancang storyboard media video tutorial, pengembangan (Develop) dengan cara materidimodifikasi untuk membuatnya lebih efektif, penyebaran (Disseminate) dilakukan dengan membagikan videotutorial kepada siswa dengan Google Drive. Berdasarkan hasil kelayakan kualitas media dinyatakan sangat layakuntuk media pembelajaran video tutorial rias wajah film, skor rata-rata adalah 4,86 serta bisa diaplikasikan padaproses pembelajaran. Hasil respon media pembelajaran video tutorial rias wajah film yang dilakukan siswa, ratarata skor adalah 4,59 sehingga termasuk dalam kategori sangat layak serta bisa diaplikasikan untuk prosespembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan media video tutorial rias wajah film sebagai mediapembelajaran untuk mengetahui respon siswa dan meningkatkan inovasi pembelajaran siswa kelas XI HD MUASMKN 1 Buduran dinyatakan sangat layak.Kata Kunci: rias wajah film, video tutorial, media pembelajaran
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023