Jasa rias pengantin di Kabupaten Karo memiliki ciri khas dan kelebihan yang berbeda sehingga konsumenmemilih jasa rias pengantin yang sesuai dengan preferensinya. Faktor yang mempengaruhi minat bagi seorangkonsumen yaitu faktor budaya, faktor pribadi, faktor psikologis dan juga faktor sosial. Hal tersebut merupakanproses awal menegnai rangsangan atau stimulus dari jasa atau produk yang dilihatnya sehingga tertarik untukmembeli produk atau jasa yang di tawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor budaya,faktor pribadi, faktor psikologi dan faktor sosial yang mempengaruhi minat konsumen dalam memilih jasa riaspengantin di Kabupaten Karo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kuantitatif.Instrument penelitian berupa kuisioner yang disebarkan melalui google form yang ditunjukkan kepada 40responden. Teknik analisis data yang digunakan ialah deskriptif presentase. Berdasarkan hasil pengolahan datadapat disimpulkan bahwa faktor budaya berpengaruh terhadap minat konsumen dalam memilih jasa riaspengantin dengan jawaban sangat setuju sebesar 87,5% pada sub variabel sub budaya. Faktor pribadi denganjawaban setuju sebesar 67,5% pada sub variabel gaya hidup. Faktor psikologis mempengaruhi minat konsumenterhadap jasa rias pengantin dengan jawaban sangat setuju sebesar 67,5% pada sub variabel integritas, danfaktor sosial berpengaruh terhadap minat konsumen dengan jawaban sangat setuju dan setuju sebesar 72,5%pada sub variabel pengaruh lingkungan. Dilihat dari hasil dan pembahasan disimpulkan bahwa semua faktortersebut mempengaruhi minat konsumen dalam memilih jasa rias pengantin di kabupaten karo.Kata Kunci: Faktor, Jasa Rias, Karo, Minat, Pengantin
Copyrights © 2023