Model pembelajaran PBL yaitu pembelajaran yang digunakan untuk membentangkan kemampuan siswauntuk pemecahan pada sebuah masalah materi Creambath. Tujuan studi adalah 1) Mengetahui terlaksananyasintaks model pembelajaran PBL 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas 10 TKKR di SMKN 1 Sookomojokerto 3) Mengetahui respon siswa tentang model PBL tentang Creambath. Jenis studi yang digunakanyakni pre-eksperimental design. Kemudian, desain studi menggunakan one group pre-posttest design.Subyek studi menggunakan peserta didik kelas 10 TKKR SMKN 1 Sooko Mojokerto sebanyak 30 orang.Teknik pengumpulan data memakai teknik pengamatan, test, dan kuesioner. Teknik analisis data memakaiuji normalitas data, uji-t berpasangan, dan uji-t satu arah. Hasil riset menunjukkan bahwa 1) Terlaksananyasintak PBL pada bagian kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup terlaksana dengan kriteriasangat baik 2) Ketuntasan hasil belajar siswa dengan pre-posttest pada ranah kognitif memiliki signifikansi(2-tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya memiliki kenaikan nilai antara pre-test dan post-test. Kemudian, padaranah psikomotor memiliki signifikan (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya hasil belajar siswa mencapaiberada di atas test value yang telah ditentukan. Lalu, pada ranah afektif diketahui hasil rata-rata 96,1%dengan kualifikasi sangat apik 3) Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model PBLmemperoleh rata-rata hasil 97,6% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil studi dapat disimpulkanyakni hasil belajar memperlihatkan rata-rata hasil dengan kriteria sempurna sesudah diberikan perlakuanmodel pembelajaran PBL dalam materi perawatan kulit kepala dan rambut (Creambath) di kelas X-TKKRSMKN 1 Sooko Mojokerto.Kata Kunci: Model Pembelajaran, PBL, Hasil Belajar, Respon Siswa.
Copyrights © 2023