Business Preneur : Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis
Vol. 7 No. 2 (2025): Vol. 7 No. 2 September 2025

PENGARUH PRODUK, PROMOSI DAN ULASAN PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO SHOPEE GANESA GRAFIKA TASIKMALAYA

Rosidah (Unknown)
Nuryani, Yuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, promosi, dan ulasan pelanggan terhadap keputusan pembelian pada toko Shopee Ganesa Grafika Tasikmalaya, baik secara parsial maupun simultan. Objek dipilih karena tingginya aktivitas toko di Shopee, namun belum diikuti peningkatan penjualan yang signifikan. Metode yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 87 responden ditentukan menggunakan rumus Slovin dari populasi rata-rata 620 pembeli per bulan dengan batas kesalahan 10%. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner berbasis skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, disebarkan secara daring melalui google form dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan nilai R² sebesar 0,460, yang berarti 46% variasi keputusan pembelian dijelaskan oleh produk, promosi, dan ulasan pelanggan. Secara simultan, ketiga variabel berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial, produk (β = 0,565; sig = 0,000) dan promosi (β = 0,449; sig = 0,002) berpengaruh positif signifikan, sedangkan ulasan pelanggan (β = -0,280; sig = 0,013) berpengaruh negatif signifikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan kualitas produk dan promosi mampu mendorong keputusan pembelian, sementara ulasan negatif dapat menurunkannya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

businesspreneur

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science

Description

Pemasaran Keuangan Operasi Bisnis Sumber Daya Manusia Kewirausahaan Kreatifitas dan Inovasi Bisnis Pemodelan Bisnis Bisnis Syariah Etika dan Negosiasi ...