Honoli of Journal Primary Teacher Education
Vol 3 No 1 (2022): Honoli of Journal Primary Teacher Education

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Kristen Patti

Mariolkosu, Braian (Unknown)
Ritiauw, Samuel (Unknown)
Septory, Jekriel (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Kristen Patti. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom action research). Lokasi penelitian ini yang digunakan dalam penelitian yaitu penelitian yang berlokasi pada SD Kristen Patti. Subjek penelitian ini adalah siswa siswi kelas IV SD Kristen Patti sebanyak 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes tertulis. Hasil tes pada siswa terlihat adanya peningkatan tes awal ketuntasan klasikal menunjukan bahwa 8 (29%) siswa yang mencapai KKM yang ditentukan meningkat pada siklus I dengan ketuntasan secara klasikal 19 (70%) kemudian pada siklus II nilai siswa mengalami peningkatan pada ketuntasan secara klasikal 27 (100%) yang memperoleh nilai yang mencapai KKM yang ditentukan. Hal ini menujukan bahwa penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) berdampak positif terhadap proses pembelajaran IPS di kelas IV SD Kristen Patti pada materi keragaman Bangsaku.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

honoli

Publisher

Subject

Education Other

Description

Honoli Journal is a journal published by the Primary School Teacher Education Study Program, Off-Campus Study Program (PSDKU), Pattimura University, Maluku Barat Daya Regency. This journal aims to provide a platform for academics, researchers, and practitioners to publish original research articles ...