Penelitian ini bertujuan untuk peningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Kristen Patti. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom action research). Lokasi penelitian ini yang digunakan dalam penelitian yaitu penelitian yang berlokasi pada SD Kristen Patti. Subjek penelitian ini adalah siswa siswi kelas IV SD Kristen Patti sebanyak 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes tertulis. Hasil tes pada siswa terlihat adanya peningkatan tes awal ketuntasan klasikal menunjukan bahwa 8 (29%) siswa yang mencapai KKM yang ditentukan meningkat pada siklus I dengan ketuntasan secara klasikal 19 (70%) kemudian pada siklus II nilai siswa mengalami peningkatan pada ketuntasan secara klasikal 27 (100%) yang memperoleh nilai yang mencapai KKM yang ditentukan. Hal ini menujukan bahwa penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) berdampak positif terhadap proses pembelajaran IPS di kelas IV SD Kristen Patti pada materi keragaman Bangsaku.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022