cover
Contact Name
Jems Sopacua
Contact Email
honoli.jurnal@mail.unpatti.ac.id
Phone
+6282299815138
Journal Mail Official
honoli.jurnal@mail.unpatti.ac.id
Editorial Address
Jl. Kampung Babar, Kaiwatu, Tiakur, Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku, Indonesia.
Location
Kota ambon,
Maluku
INDONESIA
Honoli of Journal Primary Teacher Education
Published by Universitas Pattimura
ISSN : -     EISSN : 27759415     DOI : https://doi.org/10.30598/honoli
Core Subject : Education,
Honoli Journal is a journal published by the Primary School Teacher Education Study Program, Off-Campus Study Program (PSDKU), Pattimura University, Maluku Barat Daya Regency. This journal aims to provide a platform for academics, researchers, and practitioners to publish original research articles and review articles. Honoli Journal is an open-access journal, allowing readers to gain insights and exchange knowledge through published research. It is expected that this journal will be beneficial to its readers. Honoli Journal is available in both print and online formats and publishes articles in Indonesian and English. The scope of this journal covers various aspects of education, particularly related to primary education, interactions between teachers and students, learning processes both inside and outside the classroom, character education, and traditional customs. Additionally, it explores social life and the cultural heritage of communities in Indonesia.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 53 Documents
Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 4 Ambon Sahetapy, Sarah
Honoli of Journal Primary Teacher Education Vol 1 No 1 (2020): Honoli of Journal Primary Teacher Education
Publisher : Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/honoli.1.1.1-16

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui model PBL pada Siswa kelas V SD Negeri 4 Ambon. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 4 Ambon. Data penelitian berupa data proses dan data produk diperoleh melalui teknik pengamatan, wawancara, dan penugasan. Insrumen yang digunakan adalah pedoman pengamatan, pedoman wawancara, dan lembar penugasan. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis data model alir yang meliputi kegiatan reduksi data, pemaparan data, verifikasi, penyimpulandata dan dihitung presentasi ketuntasan hasil belajar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi, baik dari segi proses maupuan dari segi produk. Dari segi proses, pembelajaran menulis puisi pada tahap penemuan ide dapat meningkatkan motivasi dan kreaktivitas siswa. Dari segi produk, penerapan model PBL pada tahap penemuan ide dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami unsur-unsur dan pola penulisan puisi, menemukan ide yang berasal dari pengamatan, dan mendeskripsikan objek pengamatan sesuai dengan pola puisi yang dipilih.
Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Ratumanan, Stelie Dorce
Honoli of Journal Primary Teacher Education Vol 1 No 1 (2020): Honoli of Journal Primary Teacher Education
Publisher : Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/honoli.1.1.17-25

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meneliti penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning pada pmbelajaran keragaman suku bangsa dan budaya. Penelitian ini dilakukan dikelas IV SD Negeri 4 Ambon, Kota Ambon, Provinsi Maluku. Peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas untuk mendeskripsikan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Instrumen yang digunakan untuk mengukur penggunaan model pembelajararan contextual taching and learning yaitu evaluasi formatif berupa tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar IPS berbasis budaya lokal di Maluku dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu rata-rata meningkat dari 30% menjadi 50% kemudian meningkat lagi menjadi 100% diatas KKM.
Pengaruh Penggunaan Gadget Smartphone Marinding, Yudince
Honoli of Journal Primary Teacher Education Vol 1 No 1 (2020): Honoli of Journal Primary Teacher Education
Publisher : Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/honoli.1.1.26-33

Abstract

Perkembangan Edukatif Anak Kelas Tinggi Abstrak: Tujuan penelitian adalah mengetahui gambaran penggunaan gadget, untuk mengetahui gambaran interaksi edukatif keluarga, mengetahui gambaran perkembangan kognitif, dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget dan interaksi edukatif keluarga terhadap perkembangan kognitif pada anak kelas tinggi di Sekolah Dasar. Penggunaan gadget berpengaruh signifikan terhadap perkembangan kognitif anak. Interaksi edukatif keluarga menunjukkan nilai thitung sebesar 4,710 dengan probabilitas signifikansi sebesar 0,000, dimana tingkat signifikansi tersebut lebih kecil dari taraf signifikansi α = 0,05. Penggunaan gadget dan interaksi edukatif keluarga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap perkembangan kognitif pada anak kelas tinggi di Sekolah Dasar, dimana nilai Fhitung 56,243 (Sig F = 0,000).
Interferensi Bahasa Melayu Ambon Dalam Penggunaan Bahasa Indonesia Lisan Pada Siswa SMP Kristen Kalam Kudus Ambon Rosmiati, Imas
Honoli of Journal Primary Teacher Education Vol 1 No 1 (2020): Honoli of Journal Primary Teacher Education
Publisher : Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/honoli.1.1.34-52

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji jenis-jenis interferensi Bahasa Melayu Ambon dalam Bahasa Indonesia lisan siswa. Penelitian dilakukan pada siswa kelas 9 SMP Kristen Kalam Kudus Ambon dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan setting alamiah. Peneliti mengamati proses belajar mengajar dan membuat catatan bahasa lisan para siswa dalam interaksi dengan guru maupun antar siswa. Peneliti juga memperhatikan komunikasi antar siswa selama kegiatan di luar kelas dan mencatat bahasa lisan siswa.Dari penelitian ini ditemukan beberapa jenis interferensi, yakni (1) interferensi fonologis, (2) interferensi morfologis, (3) interferensi sintaksis, (4) interferensi leksikal, dan (5) interferensi semantik.Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi interferensi Bahasa Melayu Ambon dalam bahasa Indonesia lisan siswa. Faktor-faktor tersebut dapat dikategorikan sebagai faktor struktur, kurangnya penguasaankaidah berbahasa, lingkungan bahasa siswa, dan sikap berbahasa siswa.
Pengembangan Media CD Pembelajaran Flash Interaktif Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV SD Kota Malang Farida, Noviana
Honoli of Journal Primary Teacher Education Vol 1 No 1 (2020): Honoli of Journal Primary Teacher Education
Publisher : Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/honoli.1.1.53-65

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media CD pembelajaran flash interaktif subtema keunikan daerah tempat tinggalku yang layak menurut ahli media, ahli materi, pengguna/guru, dan uji coba siswa. Sehingga media CD pembelajaran flash interaktif subtema keunikan daerah tempat tinggalku dapat diimplementasikan dalam pembelajaran. Hasil pengembangan berupa media CD pembelajaran flash interaktif subtema keunikan daerah tempat tinggalku dan buku petunjuk pengguna. Penilaian formatif oleh ahli media mendapatkan persentase 91%, ahli materi mendapatkan persentase 95%, oleh pengguna/guru mendapatkan persentase 100%, dan uji coba oleh kelompok kecil terhadap 18 siswa kelas IV mendapatkan persentase 84%. Keseluruhan rata-rata hasil uji kelayakan yaitu 92,5%. Hal ini menunjukkan bahwa CD pembelajaran flash interaktif subtema keunikan daerah tempat tinggalku termasuk dalam klasifikasi layak dan siap diterapkan dalam pembelajaran.
Penerapan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing Menggunakan Penuntun Identifikasi Dikotomis Atas Dasar Moroflogi Cangkang Gastropoda Pada SMA Negeri 10 Ambon Wattimury, Ince; Leiwakabessy, Fredy; Tuaputty, Hasan
Honoli of Journal Primary Teacher Education Vol 2 No 1 (2021): Honoli of Journal Primary Teacher Education
Publisher : Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/honoli.2.1.1-20

Abstract

Penerapan modul pembelajaran biologi berbasis inkuiri terbimbing menggunakan penuntun identifikasi dikotomis berdasarkan morfologi cangkang gastropoda dapat menjadi solusi pembelajaran yang berpusat pada siswa. Modul yang dirancang secara menarik mampu meningkatkan motivasi belajar mandiri, inovatif, dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan pengaruh modul terhadap hasil belajar sertaketerampilanproses sains siswadi SMA Negeri 10 Ambon. Metode analisis menggunakan SPSS 18 dengan signifikansi 0,05. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata N-gain kelompok eksperimen (0,71) lebih tinggi dibanding kelompok kontrol (0,47). Uji statistik menunjukkan perbedaan signifikan hasil belajar antara kelompok yang menggunakan dan tidak menggunakan modul (Sig. 0,001 < 0,05). Selain itu, terdapat pengaruh signifikan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar (Sig. 0,000 < 0,05) dengan kontribusi sebesar 63%. Modul ini efektif sebagai sumber belajar inovatif dalam memahami materi gastropoda.
Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Septory, Jekriel
Honoli of Journal Primary Teacher Education Vol 2 No 1 (2021): Honoli of Journal Primary Teacher Education
Publisher : Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/honoli.2.1.21-29

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan materi keutuhan Negara Republik Indonesia pada siswa kelas V SD Kristen 2 Waimahu. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian angket, lembar observasi, dan tes. Peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan media audio visual dapat terlihat dari hasil belajar siswa dari siklus I yang mencapai ketuntasan klasikal sebesar 40% menjadi 60% pada siklus II dan pada siklus III 100%. Demikian pula dengan nilai rata-rata mengalami peningkatan dari 66,22 pada siklus I menjadi 74,66 pada siklus II dan pada siklus III menjadi 85, 33. Saran yang diberikan bahwa hendaknya guru mata pelajaran PKn dapat memanfaatkan media audio visual sebagai salah satu media pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas.
Problematika Managemen Pembelajaran Bahasa dan Sastra Serta Isu-Isu Dalam Menilai, Mengkritisi, dan Mensintesis Temuan Ratumanan, Stelie D.; Rahman, H.
Honoli of Journal Primary Teacher Education Vol 2 No 1 (2021): Honoli of Journal Primary Teacher Education
Publisher : Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/honoli.2.1.30-47

Abstract

Keterampilan komunikasi merupakan aspek penting yang harus dikuasai peserta didik, khususnya dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra. Keterampilan ini mendukung kemampuan abad 21 seperti kolaborasi, berpikir kritis, dan kreativitas. Melalui Bahasa dan Sastra, peserta didik dapat mengidentifikasi informasi akurat, menyaringnya, dan menggunakannya untuk pengembangan diri. Namun, pembelajaran Bahasa dan Sastra masih menghadapi berbagai tantangan. Optimalisasi literasi menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan keterampilan komunikasi. Diperlukan pendekatan pembelajaran yang mendorong siswa menemukan informasi secara mandiri, menghubungkan materi dengan kehidupan nyata, dan berinteraksi dalam suasana yang menyenangkan.
Penggunaan Metode Role Playing Untuk Menumbuhkan Aktivitas Belajar di Sekolah Dasar Syamsijulianto, Tri; Rayani, Rizka
Honoli of Journal Primary Teacher Education Vol 2 No 1 (2021): Honoli of Journal Primary Teacher Education
Publisher : Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/honoli.2.1.48-57

Abstract

Aktivitas belajar terhadap pembelajaran IPS serta masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan data-data mengenai tumbuhnya aktivitas pembelajar IPS menggunakan metode role playing di sekolah dasar, Metode yang di gunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan oleh peneliti ini dilakukan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan siswa berjumlah 14 orang. Hasil persentase lembar aktivitas siswa siklus I pertemuan ke 1 dengan rata-rata 5,47 %,dan siklus I pertemuan ke 2 dengan rata-rata 6,16 serta lembar aktivitas siswa siklus II pertemuan ke 1 dengan rata-rata 6,88 dan siklus II pertemuan ke 2 dengan rata-rata adalah 7,29 penumbuhan antara siklus I pertemuan ke 1 dan siklus I pertemuan ke 2 dan siklus II pertemuan ke 1 dan siklus II pertemuan ke 2 adalah 25,8%. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulan bahwa dengan melakukan pembelajaran menggunakan metode role playing dapat menumbuhkan aktivitas pembelajar IPS di sekolah dasar.
Pengaruh Media Lingkungan Sekolah Berbasis Adiwiyata Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar Nugroho, Wahyu
Honoli of Journal Primary Teacher Education Vol 2 No 1 (2021): Honoli of Journal Primary Teacher Education
Publisher : Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/honoli.2.1.58-72

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media lingkungan sekolah berbasis adiwiyata terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran pengaruh cuaca. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Polowijen 3 pada Kelas III Blimbing, Kota Malang, dengan sampel sebanyak 28 siswa. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode bentuk desain quasi eksperimen Nonequivalent Control Group Design. Penyajian Pengumpulan data hasil pengaruh penggunaan media lingkungan berbasis adiwiyata terhadap hasil belajar siswa menggunakan teknik observasi, angket, dan wawancara. Hasil analisis penelitian menghasilkan nilai Ttabel> Thitung sebesar 2,083.>1,335 yang menunjukkan bahwa media lingkungan sekolah berbasis adiwiyata berarti memiliki adanya pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas III.