Honoli of Journal Primary Teacher Education
Vol 4 No 1 (2023): Honoli of Journal Primary Teacher Education

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Pkn Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Kristen Yatoke

Helwend, Aleida (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran perencanaan dalam meningkataan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di kelas IV SD Kristen Yatoke Kabupaten Maluku Barat Daya. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV SD Kristen Yatoke pada Tahun 2022/2023 sebanyak 17 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan tes atau penugasan, sedangkan analisis data di lakukan dengan model interaktif. Sedangkan aktifitas di lakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai siklus. Hasil penelitian belajar siswa pada mata pelajaran PKn menggunakan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkat. Hal ini dapat terlihat dari persentase penugasan materi (KKM) dimana pada pertemuan pertama penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Kristen Yatoke yang berjumlah 17 siswa. kemudian data inidi analisis dengan menggunakan rumus presentase, hasil belajar observasi siswa pada siklus I sebesar 40% (cukup) mengalami peningkatan pada siklus II 77% (Baik).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

honoli

Publisher

Subject

Education Other

Description

Honoli Journal is a journal published by the Primary School Teacher Education Study Program, Off-Campus Study Program (PSDKU), Pattimura University, Maluku Barat Daya Regency. This journal aims to provide a platform for academics, researchers, and practitioners to publish original research articles ...