Honoli of Journal Primary Teacher Education
Vol 5 No 1 (2024): Honoli of Journal Primary Teacher Education

Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Kristen Kaiwatu

Wonkuhy, Julivia (Unknown)
Umarella, Melati Indah Sari (Unknown)
Talakua, Melvie (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA, yang masih di bawah standar sekolah, yaitu 65. Data menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap materi keberagaman makhluk hidup kurang memuaskan, baik bagi guru maupun siswa itu sendiri. Oleh karena itu, dilakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa agar mencapai standar yang ditetapkan. Upaya yang dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran problem solving, yang sebelumnya telah digunakan guru tetapi belum optimal. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD Kristen Kaiwatu, Kabupaten Maluku Barat Daya. Dengan metode kualitatif, data dikumpulkan melalui tes. Dari 15 siswa, mayoritas mencapai standar KKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Problem Solving efektif meningkatkan hasil belajar IPA siswa pada materi keberagaman makhluk hidup.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

honoli

Publisher

Subject

Education Other

Description

Honoli Journal is a journal published by the Primary School Teacher Education Study Program, Off-Campus Study Program (PSDKU), Pattimura University, Maluku Barat Daya Regency. This journal aims to provide a platform for academics, researchers, and practitioners to publish original research articles ...