Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA, yang masih di bawah standar sekolah, yaitu 65. Data menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap materi keberagaman makhluk hidup kurang memuaskan, baik bagi guru maupun siswa itu sendiri. Oleh karena itu, dilakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa agar mencapai standar yang ditetapkan. Upaya yang dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran problem solving, yang sebelumnya telah digunakan guru tetapi belum optimal. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD Kristen Kaiwatu, Kabupaten Maluku Barat Daya. Dengan metode kualitatif, data dikumpulkan melalui tes. Dari 15 siswa, mayoritas mencapai standar KKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Problem Solving efektif meningkatkan hasil belajar IPA siswa pada materi keberagaman makhluk hidup.
Copyrights © 2024