Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara body image dengan self-esteem melalui pendekatan kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi Pearson. Populasi dalam penelitian ini adalah 162 mahasiswi Universitas 45 Surabaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel 80 mahasiswi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara citra tubuh dengan harga diri, dengan nilai r = 0,644, dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Artinya, semakin positif citra tubuh pengguna Instagram perempuan di Universitas 45 Surabaya, maka semakin tinggi pula harga dirinya. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan Instagram dapat memberikan dampak positif maupun negatif terhadap harga diri seseorang. Jika harga diri sudah terbentuk dengan baik, faktor fisik tidak terlalu menjadi perhatian. Hal ini ditunjukkan dengan sikap individu yang asertif dan menghargai segala jenis umpan balik di media sosial, khususnya Instagram.
Copyrights © 2025