Rendahnya kemampuan berpikir kritis ssiswa mengakibatkan proses pembelajaran berjalan kurang optimal. Penelitian ini dilakukan guna meningkatkan pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Muaro Jambi dengan menggunakan video pembelajaran berbantuan edpuzzle bebasis STEM yang membantu mereka berpikir kritis siswa tentang materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini mengadopsi metode Research and Development (R&D) dan menerapkan model pengembangan ADDIE. Istrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi (materi dan desain), lembar praktikalitas (uji coba baik perorangan maupun kelompok), lembar efektivitas dan tes kemampuan berpikir kritis siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran telah dikatakan valid, praktis, dan efektif serta video tersebut layak digunakan. Hasil uji kulaitas video pembelajaran menunjukkan bahwa validasi materii termasuk “cukup valid” dengan perolehan hasil validasi materi 80%, katagori “sangat valid” untuk hasil angket desain 90%. Presentase “sangat praktis” untuk hasil dari praktikalitas guru yakni sebesar 88,88%. 89,13% katagori “sangat praktis: untuk perolehan presentase praktikalitas ssiswa. 90,43% dengan katagori “sangat efektif” untuk perolehan uji efektivitas siswa. Serta sebesar 62% dengan katagori “sedang” untuk perolehan nilai n-gainnya. Sehingga, media ajar berupa video pembelajaran berbantuan edpuzzle berbasis STEM dinyatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Copyrights © 2025