SERUMPUN : Journal of Education, Politic, and Social Humaniora
Vol. 3, No. 1 : SERUMPUN (JANUARY-JUNE 2025)

Aktualisasi Filsafat Ilmu di Era Perkembangan Manajemen Pendidikan Islam

Selvia, Noor Liyana (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji aktualisasi filsafat ilmu di era perkembangan administrasi pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dan penelitian dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil pembahasan penelitian dalam filsafat ilmu berkisar pada penelitian objek penelitian. Manajemen pendidikan Islam mencakup berbagai prinsip umum yang bersifat fleksibel sehingga dapat merespon kemajuan dan perkembangan yang baik. Filsafat pendidikan Islam diharapkan menjadi model pemikiran dan sikap Islam mengenai hakikat dan fungsi pendidikan sebagai upaya intelektual, moral, spiritual dan kultural. Perkembangan manajemen pendidikan Islam dapat menjadi sumber filosofi manajemen dalam persoalan nilai-nilai inti pembangunan, dimana nilai-nilai tersebut dapat mengungkapkan hal-hal yang memiliki makna pribadi bagi pengelola. Konsep administrasi pendidikan Islam dalam segala fungsi teknisnya lebih mengutamakan tugasnya daripada menerima dan memperoleh haknya. Dari sisi lain, perkembangan manajemen pendidikan Islam kembali pada kasus-kasus empiris. Saya kemudian meneliti, menganalisis dan berdiskusi dengan teori-teori lanjutan dalam manajemen pendidikan umum untuk menemukan kerangka teori untuk penyuluhan lebih lanjut tentang ajaran Islam berdasarkan Al-Qur'an dan Hadits.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

serumpun

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah In this journal, researchers discuss the latest issues related to Islamic education, explore the potential for innovation in teaching methods, and present in-depth research contributions to enrich understanding of the dynamics of madrasah. Through its articles, ...