Tujuan penelitian ini adalah mengkaji aktualisasi filsafat ilmu di era perkembangan administrasi pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dan penelitian dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil pembahasan penelitian dalam filsafat ilmu berkisar pada penelitian objek penelitian. Manajemen pendidikan Islam mencakup berbagai prinsip umum yang bersifat fleksibel sehingga dapat merespon kemajuan dan perkembangan yang baik. Filsafat pendidikan Islam diharapkan menjadi model pemikiran dan sikap Islam mengenai hakikat dan fungsi pendidikan sebagai upaya intelektual, moral, spiritual dan kultural. Perkembangan manajemen pendidikan Islam dapat menjadi sumber filosofi manajemen dalam persoalan nilai-nilai inti pembangunan, dimana nilai-nilai tersebut dapat mengungkapkan hal-hal yang memiliki makna pribadi bagi pengelola. Konsep administrasi pendidikan Islam dalam segala fungsi teknisnya lebih mengutamakan tugasnya daripada menerima dan memperoleh haknya. Dari sisi lain, perkembangan manajemen pendidikan Islam kembali pada kasus-kasus empiris. Saya kemudian meneliti, menganalisis dan berdiskusi dengan teori-teori lanjutan dalam manajemen pendidikan umum untuk menemukan kerangka teori untuk penyuluhan lebih lanjut tentang ajaran Islam berdasarkan Al-Qur'an dan Hadits.
Copyrights © 2025