Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis miskonsepsi yang dialami siswa berdasarkan Teori Nolting dalam menyelesaikan soal cerita menentukan keliling dan luas bangun datar persegi dan persegi panjang dan untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya miskonsepsi siswa dalam menyelesaikan soal cerita menentukan keliling dan luas bangun datar persegi dan persegi panjang berdasarkan Teori Nolting. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-A SD Negeri 050755 Tangkahan Durian T.A 2023/2024 yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes esai yang berjumlah 10 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bangun datar. Adapun kesalahan tersebut yaitu: (1) kesalahan membaca petunjuk (misread-directions errors) sebanyak 60%, (2) kesalahan kecerobohan (careless errors) sebanyak 43%, (3) kesalahan konsep (concept errors) sebanyak 57%, (4) kesalahan penerapan (application errors) sebanyak 17%, dan (5) kesalahan pengerjaan tes (test taking errors) sebanyak 43%. Faktor penyebab kesalahan siswa antara lain siswa tidak teliti dalam menuliskan komponen yang diketahui dan ditanyakan soal, siswa tidak terbiasa menuliskan komponen yang ditanyakan pada soal, siswa tidak menguasai konsep persegi dan persegi panjang, siswa merasa sepele sehingga tidak menuliskan satuan panjang pada hasil jawaban, siswa tidak terbiasa menyelesaikan soal berbentuk cerita, dan siswa merasa bingung dalam menentukan rumus untuk menyelesaikan soal.
Copyrights © 2024