Penelitian ini untuk mendeskripsikan upaya peningkatan numerasi peserta didik SD Negeri 5 Ngabul pada rapot pendidikan tahun ajaran 2023/2024 dalam memepersiapkan peserta didik kelas V dalam mengikuti kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Adapun jenis penelitian yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Data penelitian ini dikumpulkan  melalui tekhnik wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini seluruh peserta didik kelas V yang mengikuti kegiatan Asesmen Nasiona, wali kelas V dan kepala sekolah SD Negeri 5 Ngabul. Hasil penelitian menunjukan melalui komitmen kerjasama sekolah, peserta didik,  guru, orang tua dalam mempersiapkan peserta didik dalam mengikuti kegiatan asesmen nasional (AN), Diterapkannya rapot pendidikan membantu SD Negeri 5 Ngabul dalam menganalisis persoalan terkait pemahaman numerasi peserta didik yang rendah dengan menentukan strategi dalam meningkatkan kemampuan numerasi seperti perbaikan lingkungan belajar, perencanaan berbasis data, pelatihan dan kolaborasi, penyediaan sarana dan infrastruktur penunjang asesmen nasional (AN), monitoring dan evaluasi, sehinga dengan berbagai langkah yang ditempuh tersebut pada rapot pendidikan tahun 2023 mengalami peningkatan pada bidang numerasi peserta didik dengan presentase keberhasilan 83,33% dari sebelumnya 77,33% peserta didik sudah mencapai kompetensi minimum.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024