JGK (Jurnal Guru Kita)
Vol. 9 No. 3: Juni 2025

Pengaruh Model Pembelajaran Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar Materi Gaya Kelas IV SD Negeri 23 Singkawang

Sintia Sintia (Unknown)
Emi Sulistri (Unknown)
Evinna Cinda Hendriana (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model pemelajaran Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK) berbantuan media audio visual terhadap literasi sains siswa sekolah dasar materi gaya kelas IV SD Negeri 23 Singkawang. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 23 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode true eksperimental dengan bentuk desain penelitian The Non-Equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IVA dan kelas IVC SD Negeri 23 Singkawang dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Hasil dalam penelitian ini adalah: 1) Terdapat perbedaan yang signifikan literasi sains siswa antara yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK) berbantuan media pembelajaran audio visual dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran discovery learning pada materi gaya dengan hasil t_hitung= 2,5230 > t_tabel= 1.6730, 2) Model pembelajaran Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK) berbantuan media pembelajaran audio visual berpengaruh tinggi terhadap literasi sains siswa pada materi gaya dengan hasil uji Effect Size = 2,1216 yang berada pada kategori tinggi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jgkp

Publisher

Subject

Arts Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Guru Kita contains writings from the results of research, education, lerning, science, culture, technology, language, art, social, phenomena, and community ...