Riwayat: Educational Journal of History and Humanities
Vol 8, No 4 (2025): Oktober, In proggress

Pola Asuh Orang Tua dalam Membina Akhlak Anak Broken Home di Kelurahan Rengas Pulau Kecamatan Medan Marelan

Retno, Suci Ananda (Unknown)
Rahman, Mhd Habibu (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pola asuh orang tua dalam membina akhlak anak-anak broken home di Kelurahan Rengas Pulau Kecamatan Medan Marelan. Fenomena meningkatnya angka perceraian di wilayah tersebut menimbulkan dampak sosial dan moral yang signifikan, terutama terhadap perkembangan akhlak anak-anak yang dibesarkan dalam kondisi keluarga yang tidak utuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, yang dianalisis melalui model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua pola asuh dominan yang diterapkan oleh orang tua tunggal, yaitu pola permisif dan pola otoritatif. Pola permisif cenderung muncul akibat tekanan ekonomi dan psikologis, sementara pola otoritatif yang menggabungkan afeksi dan kontrol terbukti lebih efektif dalam pembinaan akhlak anak. Anak-anak yang diasuh secara otoritatif menunjukkan perilaku yang lebih positif dan stabil, sedangkan anak-anak dari pola permisif cenderung mengalami penyimpangan perilaku. Selain itu, tantangan utama yang dihadapi orang tua meliputi tekanan ekonomi, beban pengasuhan tunggal, dan stigma sosial. Dalam mengatasi tantangan tersebut, pendekatan spiritual berbasis nilai-nilai Islam terbukti menjadi penopang penting dalam membentuk akhlak anak. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi orang tua tunggal, tenaga pendidik, dan masyarakat dalam memahami strategi pengasuhan yang efektif di tengah realitas keluarga broken home.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

riwayat

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History education, (2) History of Education,(3) Social Sciences Education, (4) Sociology Education, (5) Philosophy of history, (6) Historiography, (7) Humanities, and (8) ...