Riwayat: Educational Journal of History and Humanities
Vol 8, No 3 (2025): July, Social Studies, Educational Research and Humanities Research.

Pola Asuh Single Parent dalam Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Islam di Kabupaten Fakfak

Reasa, Amsia (Unknown)
Nur, Indria (Unknown)
Rahman, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola asuh single parent dalam penerapan nilai-nilai pendidikan Islam di Kabupaten Fakfak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologis. Informan utama dalam penelitian ini adalah single parent, yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, pola asuh yang diterapkan oleh single parent di Kabupaten Fakfak bervariasi, mulai dari pola asuh otoriter, demokratis, hingga permisif, tergantung pada kondisi psikologis, ekonomi, dan lingkungan sosial keluarga. Kedua, penerapan nilai-nilai pendidikan Islam terwujud melalui pembiasaan ibadah, penanaman akhlak mulia, pembinaan kedisiplinan, serta pemberian teladan dalam kehidupan sehari-hari. Ketiga, faktor pendukung meliputi motivasi religius yang kuat, dukungan keluarga besar, dan lingkungan sosial yang kondusif. Sementara itu, faktor penghambat meliputi keterbatasan waktu, tekanan ekonomi, serta minimnya pendampingan dari pihak lain.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

riwayat

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History education, (2) History of Education,(3) Social Sciences Education, (4) Sociology Education, (5) Philosophy of history, (6) Historiography, (7) Humanities, and (8) ...