Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis Autoplay pada materi tata cara sholat untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 8 Palopo. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VII SMPN 8 Palopo, sedangkan objek penelitian adalah media pembelajaran berbasis Autoplay. Data dikumpulkan melalui validasi ahli, angket praktikalitas, serta tes hasil belajar siswa, dan dianalisis menggunakan persentase serta perhitungan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Autoplay memperoleh skor validasi 94% dari ahli media dan 90% dari ahli materi dengan kategori sangat valid, serta praktikalitas sebesar 95% dari guru dan 85%–92% dari siswa dengan kategori sangat praktis. Dari aspek efektivitas, nilai rata-rata siswa meningkat dari 61,5 pada pretest menjadi 92,5 pada posttest dengan skor N-Gain 0,81 yang termasuk kategori tinggi. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis Autoplay terbukti valid, praktis, dan efektif sehingga layak diimplementasikan sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran PAI, khususnya pada materi tata cara sholat di sekolah menengah pertama.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025