Ibtidai'y Datokarama: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 6 No. 1 (2025): Ibtidaiy Datokarama: Jurnal Pendidikan Dasar

KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS PADA PEMBELAJARAN FIQIH KELAS V DI MI ALKHAIRAAT BIROMARU

Sabran J Lainjong (Unknown)
Anirah, Andi (Unknown)
Rahayu, Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Guru Dalam Mengelola Kelas Pada Pembelajaran Fiqih Kelas V Di MI Al-Khairaat Biromaru. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan guru memiliki performa yang sangat baik dalam proses pembelajaran, khususnya dalam penggunaan metode ceramah yang informatif dan menarik. Guru mampu menyampaikan materi tentang ketentuan berkurban dengan jelas dan mudah dipahami oleh peserta didik. Pengaturan tempat duduk di kelas diatur secara berkelompok untuk memenuhi kebutuhan peserta didik, memungkinkan interaksi yang lebih baik dan kenyamanan dalam belajar. Media yang digunakan oleh guru meliputi papan tulis, spidol, dan buku cetak yang membantu memperjelas penjelasan materi serta membantu peserta didik dalam mengikuti pelajaran. Selain itu, guru selalu memberikan respon yang positif dan mendukung ketika peserta didik bertanya atau menyampaikan pendapat, sehingga menciptakan suasana kelas yang interaktif, inklusif, dan mendorong kepercayaan diri peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas. Hal ini menunjukkan dedikasi guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan memotivasi peserta didik untuk mencapai potensi terbaik mereka. Implikasi penelitian ini ditujukan kepada kepala Madrasah MI Alkhairaat Biromaru agar diharapkan untuk selalu memberikan pembinaan, motivasi dan pengawasan yang intensif kepada guru-guru dalam mengelola kelas. Bagi guru khususnya guru Fiqih pengelolaan kelas yang dilakukan sudah berjalan dengan baik, namun saran yang diberikan untuk penggunaan media pembelajaran agar diterapkan dengan baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ibtidaiy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

ibtidaiy Datokarama Jurnal Pendidikan Dasar yang dikunjungi oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu. Terbit dua kali dalam setahun, jurnal ini undangan para dosen, peneliti, dan pemerhati ...