COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol. 8 No. 5 (2025)

Pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif pada materi bangun ruang menggunakan model STAD untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas V sekolah dasar

Pupu Pauziah (Unknown)
Rabbani, Sylvia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media powerpoint interaktif pada materi bangun ruang (limas) dengan menggunakan model Student Team Achivment Division (STAD) untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode dalam penelitian ini menggunakan R&D (Reseach and Develovment) dimana penelitian ini menggunakan dua uji coba, yaitu uji coba skala terbatas dan uji coba skala luas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Baiturrahim tahun ajaran 2022-2023 untuk subjek uji skala terbatas yaitu 10 siswa dan uji skala luas 37 siswa. Pada penelitian ini menggunakan instrument soal tes, lembar observasi, angket serta wawancara didukung dengan dokumentasi. Kesimpulan dari pengembanga media pembelajaran memperoleh skor dari ahli materi 91,67%, ahli media 77,78% dan ahli praktisi 86,67% hasil angket respon siswa memperoleh skor 79,73% dengan kategori baik dan hasil observasi siswa mendapat skor 77,25 dengan kategori baik. Sedangkan pada hasil uji n-gain mendapat skor 0,46 dengan interpretasi sedang pada uji coba terbatas dan 0,41 dengan interpretasi sedang pada uji coba luas yang artinya kemampuan konsep pemahaman siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan media powerpoint interaktif, dan kendala yang dialami yaitu manajemen waktu dan keterbatasan dalam bimbingan kelompok.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...