COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol. 8 No. 5 (2025)

Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar materi keberagaman kelas V SDN Pandeanlamper 03 Semarang

Janatun Naim (Unknown)
Roshayanti, Fenny (Unknown)
Saputro, Susilo Adi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar siswa materi keberagaman kelas V SDN Pandeanlamper 03 Semarang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh nonprobability sampling. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes tertulis dan dokumentasi kegiatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil t-test diperoleh = 7,064 > = 2,056 sehingga ditolak dan diterima. Hasil analisis N-gain sebesar 0,68 yang termasuk kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar siswa materi keberagaman kelas V SDN Pandeanlamper 03 Semarang. Kata Kunci: Pembelajaran berdiferensiasi, Hasil belajar, Materi keberagaman

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...