CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif)
Vol. 8 No. 5 (2025): Volume 8 Number 5, September 2025

The The Role of Sikka Traditional Games in Developing Early Childhood Numeracy Skills

Yuniati, Yohana (Unknown)
Litna, Kamelia Olga (Unknown)
Betty, Credo G (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2025

Abstract

Permainan tradisional Sikka merupakan bagian dari warisan budaya yang mengandung nilai edukatif tinggi. Namun keberdadaannya saat ini mulai terpinggirkan oleh dominasi permainan modern berbasis teknologi dan APE modern. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran permainan tradisional kabupaten Sikka dalam berhitung dan pengenalan angka pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subyek penelitian sebanyak 15 anak kelompok B di TK St. Maria Pia Mastena, 2 guru kelas dan 2 tokoh budaya setempat. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif dan wawancara mendalam. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik untuk meningkatkan validitas data. Hasil penbelitian ini menunjukkan bahwa permainan tradisional Sikka seperti permainan Heti, Nabe, Dodur Siput dan Terang yang memiliki kontribusi dalam mengembangkan ketrampilan berhitung anak, terutama dalam mengenal angka dan menghitung urutan. Penelitian ini merekomendasikan agar permainan tradisional Sikka diintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran PAUD sebagai bentuk pelestarian budaya dan penguatan pembelajaran kontekstual.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ceria

Publisher

Subject

Education

Description

Ceria Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and Preschool Education study program of IKIP Siliwangi on current science issues, namely: -Teacher of Early Childhood Education Programs. -Observers and Researchers of Early Childhood Education Programs. -Educational ...