Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika
Vol. 5 No. 2 (2025): Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 4 SUKAWATI

Nuari, Ni Luh (Unknown)
Noviyanti, Putu Ledyari (Unknown)
Puspadewi, Kadek Rahayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2025

Abstract

Latar belakang penelitian menunjukkan rendahnya ketuntasan belajar siswa, hanya 26% sebelum intervensi, disebabkan oleh aktivitas pasif siswa, kesulitan konsep, kurangnya keberanian berpendapat, dan metode pengajaran yang monoton. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII C SMP Negeri 4 Sukawati pada materi Persamaan Garis Lurus melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan metode pengumpulan data non – tes (observasi dan dokumentasi) dan tes hasil belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 4 Sukawati. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan: ketuntasan belajar meningkat dari 26% (data awal) menjadi 56,67% (Siklus I) mencapai 86,67% (Siklus II), melampaui indikator keberhasilan 75%. Peningkatan ini juga didukung oleh perubahan positif pada perilaku siswa, seperti lebih disiplin, focus, aktif dan bersemangat dalam diskusi. Dengan demikian, model pembelajaran STAD terbukti efektif dalam meingkatkan hasil belajar matematia siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pemantik

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika is managed by the Mathematics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Mahasaraswati Denpasar and was published for the first time in March 2021 which is a medium for publishing the results of research or studies ...