Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran matematika yang belum optimal di kelas IV SDN 50/II Lubuk Landai, di mana guru masih menggunakan metode ceramah satu arah dan siswa kurang terlibat aktif. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan proses dan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus pada semester II tahun ajaran 2025/2026 dengan subjek 21 siswa. Model yang digunakan mengacu pada desain dari Arikunto, yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian selama dua siklus menunjukkan bahwa model Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan proses dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 50/II Lubuk Landai. Proses pembelajaran meningkat dari kategori Cukup menjadi Sangat Baik, ditandai dengan meningkatnya keterlibatan siswa dalam diskusi, permainan, dan turnamen. Ketuntasan belajar juga naik dari 52,38% (11 siswa) pada Siklus I menjadi 80,95% (17 siswa) pada Siklus II. Hal ini membuktikan bahwa model TGT efektif mendorong partisipasi aktif dan pemahaman siswa.
Copyrights © 2025