Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang diterapkan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di SMK Negeri 65 Jakarta. Dan menemukan kiat-kiat serta cara membaca Al-Qur’an untuk siswa tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan untuk selanjutnya dideskripsikan dan diberi kesempatan validasi data-data tersebut dilakukan dengan triangulasi data dari semua data-data yang terkumpul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi utama yang digunakan adalah melalui kegiatan Taman Baca Al-Qur’an (TBA) dengan metode Iqro. Yang diterapkan secara bertahap, mulai dari pengenalan huruf hijaiyah, pelafalan makhraj yang benar, hingga penguasaan tajwid dasar. Metode Iqro dipilih karena dinilai mudah dipahami, fleksibel, dan cocok untuk siswa dengan latar belakang kemampuan yang berbeda-beda. Pembelajaran dilakukan secara individual dan sorogan, sehingga guru dapat memantau langsung perkembangan bacaan setiap siswa.
Copyrights © 2025