Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data yang tepat, benar, valid serta dapat dipercaya tentang Pengaruh Penilaian Autentik Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik (Studi Survei di SMK Pelita Tiga Jakarta). Pengaruhnya tinggi, menunjukkan bahwa penilaian autentik berperan penting dalam membentuk karakter peserta didik secara positif. Penelitian ini menggunakan metode deskripif anailitik karena penelitian ini berjenis kuantitatif. Adapun objek penelitiannya adalah seluruh siswa kelas XI SMK Pelita Tiga Jakarta yang berjumlah 24 siswa. Penarikan sampel yang dilakukan yaitu dengan menggunakan teknik jenuh sampling dengan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sebanyak 24 responden serta dilengkapi dengan teknik pengumpulan data, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian yaitu jika dilihat dari segi uji koefisien product momen menghasilkan rxy atau ro 0,748 hal ini menunjukan bahwa ro lebih besar dari pada rt pada taraf signifikan 5% = 0,396 dan taraf signifikan 1% = 0,505. Membandingkan besarnya rxy dan rt seperti yang diketahui rxy yang peneiti peroleh adalah 0,748 sedangkan rt masing-masing 0,396 dan 0,505. Dengan demikian ternyata bahwa rxy > rt pada tarif signifikan 5% dan rxy < rt pada tarif signifikan 1% maka Hipotesis Alternatif (Ha) diterima, Sementara Hipotesis Nihil (Ho) di Tolak. Dalam hal ini berarti terdapat pengaruh penilaian autentik terhadap pembentukan karakter peserta didik.
Copyrights © 2025