Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas XI SMA Negeri 5 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2025/2026. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan populasi 355 siswa dan sampel sebanyak 89 orang yang ditentukan melalui teknik sampling. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur disiplin belajar serta perhatian orang tua, dan data hasil belajar diperoleh dari nilai Ujian Tengah Semester ganjil. Analisis data dilakukan dengan regresi linier sederhana dan berganda, serta uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa dengan tingkat pengaruh yang sangat kuat (r = 1,65); (2) terdapat pengaruh signifikan perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa dengan pengaruh yang sangat kuat (r = 2,24); dan (3) secara simultan, disiplin belajar dan perhatian orang tua berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan pengaruh kuat (r = 1,14) dan Fhitung (2,43) > Ftabel (2,22). Dengan demikian, semakin baik disiplin belajar siswa dan perhatian orang tua, semakin tinggi pula hasil belajar yang dicapai.
Copyrights © 2025