Penelitian ini dilatar belakangi dengan kurangnnya bacaan Al-Qur’an santri di Ma’had Al-Qurro’ Litahfidhil Qur’an Bandar Lampung. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan melalui peranan dari para guru halaqoh. Peran Guru Halaqoh sangat dibutuhkan oleh para santri yang sedang menghafalkan Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Guru dalam meningkatkan bacaan Al-Qur’an di Ma’had Al-Qurro’. Serta foktor pendukung dan penghambat santri dalam meningkatkan bacaan Al-Qur’an di Ma’had Al-Qurro’. Jenis penelitian kualitatif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran guru dalam meningkatkan bacaan Al-Qur'an di Ma’had Al-Qurro’, menjadikan dirinya sebagai seorang pendidik, teladan, motivator, dan evaluator. Faktor pendukung dalam peningkatan kualitas membaca Al-Qur’an di Ma’had Al-Qurro’ meliputi Guru Halaqoh, Sarana pembelajaran, Dukungan orang tua, serta belajar tahsin. Sedangkan faktor penghambat dalam peningkatan kualitas membaca Al-Qur’an di Ma’had Al-Qurro’ meliputi faktor Orang tua, lingkungan Ma’had serta Tidak Menguasai Makharijul Huruf dan tajwid. Proses pembelajaran Al-Qur’an tidak akan berjalan begitu saja tanpa adanya guru yang pejuang dan mempunyai kompetensi yang baik. Fasilitas yang tersedia berupa meja, papan tulis, buku Yanbu’a, Al-Qur'an, buku muroja’ah santri untuk menunjang pembelajaran Al-Qur'an.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025