Jurnal Pedagogi Matematika
Vol 11, No 2 (2025): Jurnal Pedagogi Matematika

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS XI KKO SMAN 1 SEWON

Safira, Silvie (Unknown)
Wijaya, Ariyadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap disposisi matematis pada siswa kelas XI KKO SMA Negeri 1 Sewon. Jenis penelitian ini penelitian eksperimen semu yang didesain dalam The Non-equivalent Pretest Posttest Control Group Design, dilakukan pada siswa kelas XI KKO SMA Negeri 1 Sewon, kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol menggunakan model konvensional dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas eksperimen menggunakan model Teams Games Tournament. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru, lembar angket awal dan akhir disposisi matematis, serta dokumen hasil belajar. Uji statistic yang digunakan yaitu independent sample t-test. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa model pembelajaran tipe Teams Games Tournament berpengaruh positif terhadap disposisi matematis siswa kelas XI KKO.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pedagogi Matematika ini menerbitkan karya-karya ilmiah dalam bentuk artikel hasil penelitian empiris, hasil kajian sistematik, resensi jurnal, atau letter-to-editor di bidang pendidikan matematika. Ruang lingkup jurnal ini adalah pendidikan matematika, termasuk pembelajaran, kurikulum, media, ...