Transformasi digital telah menjadikan media sosial sebagai instrumen strategis dalam menyebarkan informasi, membangun citra, serta memperkuat interaksi dengan audiens. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis optimalisasi pengelolaan konten media sosial melalui kegiatan PPL/Kukerta Tematik di Komunitas Ramu Layar dan 94 Studio. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam kepada mahasiswa peserta dan pengurus komunitas/lembaga mitra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa berperan penting dalam menyusun kalender konten, membuat guideline visual, serta mengatur strategi unggah yang sesuai dengan algoritma media sosial. Strategi ini mampu meningkatkan engagement audiens, memperkuat identitas digital, serta memperluas jejaring kolaborasi eksternal. Manfaat program ini tidak hanya dirasakan oleh lembaga mitra yang memperoleh sistem pengelolaan media sosial lebih profesional, tetapi juga oleh mahasiswa yang mendapatkan pengalaman praktis serta masyarakat yang terdorong meningkatkan literasi digital. Prospek keberlanjutan dapat terjaga melalui kerja sama berkelanjutan antara kampus, mahasiswa, dan lembaga mitra.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025