Indonesian Journal of Fundamental and Applied Geography
Vol. 1 No. 2 (2024)

Integrasi Pengetahuan Lokal Masyarakat Malino dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam Hayati Sebagai Sumber Pembelajaran Non-Formal

Amdah, Misdar (Unknown)
Arfandi (Unknown)
Nasrul (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2024

Abstract

Pengetahuan masyarakat lokal dalam mengelola sumber daya alam hayati memainkan peran krusial dalam menjaga keberlanjutan lingkungan dan mempromosikan praktik-praktik ramah lingkungan. penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara pengetahuan masyarakat Malino dalam pengelolaan sumber daya alam hayati dan pemanfaatannya sebagai sumber belajar non-formal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tujuan untuk memahami secara mendalam hubungan antara pengetahuan masyarakat Malino dalam pengelolaan sumber daya alam hayati dan pemanfaatannya sebagai sumber belajar non-formal. Penelitian ini mengadopsi desain studi kasus untuk mengeksplorasi secara komprehensif pengetahuan masyarakat Malino dalam pengelolaan sumber daya alam hayati. Temuan penelitian ini menegaskan pentingnya pengetahuan lokal dalam pengelolaan sumber daya alam hayati sebagai aset yang berharga bagi masyarakat Malino. Pengetahuan ini tidak hanya mendukung praktik-praktik berkelanjutan tetapi juga memiliki nilai edukatif yang tinggi jika dimanfaatkan sebagai sumber belajar non-formal. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan bahwa pengetahuan masyarakat lokal memiliki potensi besar sebagai sumber belajar non-formal yang dapat mendukung upaya pelestarian lingkungan dan pengembangan kapasitas masyarakat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

IJFAG

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science

Description

The journal publishes research articles on various matters related to fundamental and applied geography. Our scope of publications include physical geography, human geography, regional planning and development, cartography, remote sensing, geographic information systems and environmental sciences. ...