Science And Education Journal (SNEJ)
Vol 3 No 3 (2025): Science and Education Journal ( SNEJ )

PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS VIII DI SMP ABDI KARYA KOTA BEKASI.: PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS VIII DI SMP ABDI KARYA KOTA BEKASI.

Ratnasari, Aprilya Seruni (Unknown)
Rista, Nadia (Unknown)
Winarsih, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Abdi Karya Bekasi. Untuk memperoleh data yang digunakan instrument fasilitas belajar di sekolah dan hasil belajar dalam bentuk skala model likert. Analisis data dilakukan menggunakan SPSS versi 26. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan jumlah sampel sebanyak 33 siswa, dan bentuk keperluan analisis statistik asosiatif. Dimana data yang diperoleh dari sampel populasi penelitian kemudian dianalisis dengan metode statistik yang digunakan lalu di interprestasikan. Hasil uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal (Sig. 0,200 > 0,05), dan uji linearitas menunjukkan hubungan yang linear antara kedua variabel (Sig. 0,126 > 0,005). Hasil regresi linear sederhana diperoleh persamaan Y = 147.818 - 0,826X dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,501 menunjukkan bahwa 50,1% variasi hasil belajar dipengaruhi oleh fasilitas belajar. Hasil penelitian ini memberikan arti penting untuk pengembangan kebijakan pendidikan, khusunya terkait dengan peningkatan kualitas hasil belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

snej

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Science and Education Journal ( SNEJ ) e-ISSN 3021-7687 P-ISSN 2988-5396 is a peer-reviewed journal published by Yayasan Pendidikan Cahaya Budaya. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang pendidikan. Artikel yang dimuat dalam jurnal adalah hasil ...