Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 2 No. 4 (2025): AGUSTUS - SEPTEMBER 2025

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KREATIF DISEKOLAH DASAR: STUDI WAWANCARA GURU DAN SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 064037

Suyit Ratno (Unknown)
Dwi Putri Siregar (Unknown)
Gertruda Gissa Sinaga (Unknown)
Intan Revalina Sinaga (Unknown)
Menara Chandra Nainggolan (Unknown)
Sartika Yukirana Br. Hutagaol (Unknown)
Sri Rahayu Sitio (Unknown)
Syifa Zakiah Alif (Unknown)
Yunita Mawar Sari Simbolon (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi pembelajaran kreatif dan inovatif di Sekolah Dasar Negeri 064037 dan reaksi siswa terhadapnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui wawancara dan observasi. Temuan menunjukkan bahwa pendidik telah menerapkan berbagai metode kreatif, seperti diskusi kelompok, proyek, dan permainan edukatif, yang telah meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan keberanian siswa dalam menyampaikan pendapat. Sebagian besar siswa merasa bahwa pembelajaran kreatif jauh lebih menarik dan membantu mempercepat pemahaman materi dibandingkan dengan metode tradisional. Fasilitas seperti proyektor, Wi-Fi, dan media digital tersedia, tetapi pemanfaatannya belum mencapai potensi maksimal. Tantangan juga muncul dalam menangani siswa berkebutuhan khusus yang membutuhkan pendekatan khusus. Secara keseluruhan, pembelajaran kreatif berdampak positif bagi siswa, tetapi pelatihan guru, optimalisasi fasilitas, dan dukungan dari berbagai pihak diperlukan untuk memastikan implementasi pembelajaran kreatif lebih efektif, inklusif, dan berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...