Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 10 No. 4 (2025): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM REPRESENTASI MATEMATIS SPLDV BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN

Sipaami, Sipaami (Unknown)
Irmawati, Irmawati (Unknown)
Indriani, Indriani (Unknown)
Nur Faika, Nur Faika (Unknown)
Wahida, Nur (Unknown)
Anugrah, Riswan Ahmad (Unknown)
Arianto, Arianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) berdasarkan tahapan Newman Error Analysis. Subjek penelitian adalah 26 siswa kelas XII SMA Negeri 1 Tinambung untuk tahap kuantitatif dan 4 siswa untuk tahap kualitatif yang dipilih berdasarkan kategori kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan berupa tes diagnostik tiga soal cerita SPLDV dan pedoman wawancara semi-terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan terbesar terjadi pada tahap process skills (93,6%), diikuti transformation (84,6%), comprehension (83,3%), serta reading dan encoding masing-masing sebesar 80,8%. Kategorisasi kemampuan siswa memperlihatkan bahwa mayoritas berada pada kategori rendah (88,5%), sementara hanya 7,7% yang berada pada kategori sedang dan 3,8% pada kategori tinggi. Data kualitatif mengungkap bahwa kesalahan disebabkan oleh keterbatasan pemahaman bahasa, kurangnya penguasaan konsep dasar, kesulitan dalam pemodelan matematis, kelemahan prosedural, serta tidak menuliskan jawaban akhir sesuai konteks.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...