Kesulitan belajar matematika merupakan tantangan serius dalam sistem pendidikan Indonesia yang memerlukan pendekatan inovatif untuk mengatasinya. Penelitian ini mengkaji literatur terkait berbagai pendekatan inovatif yang telah dikembangkan untuk mengatasi kesulitan belajar matematika siswa. Melalui analisis sistematis terhadap 15 artikel penelitian dari jurnal nasional dan internasional yang diterbitkan antara 2020-2024, penelitian ini mengidentifikasi lima pendekatan inovatif utama: teknologi pembelajaran digital dan adaptif, pembelajaran berbasis permainan (gamifikasi), pendekatan design thinking, pembelajaran diferensiasi, dan manipulatif visual dan hands-on learning. Hasil menunjukkan bahwa pendekatan teknologi digital menunjukkan efektivitas tertinggi dengan peningkatan hasil belajar hingga 65%, diikuti oleh gamifikasi (58%) dan pendekatan manipulatif (52%). Namun, implementasi masih menghadapi tantangan seperti keterbatasan infrastruktur, kurangnya pelatihan guru, dan kesenjangan akses teknologi. Penelitian merekomendasikan pengembangan model pembelajaran hibrid yang mengintegrasikan berbagai pendekatan inovatif dengan mempertimbangkan konteks lokal dan karakteristik siswa Indonesia.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025