Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 10 No. 4 (2025): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

SYSTEMATIC LITERATUR REVIEW: PENDEKATAN INOVATIF DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA

Kurniawan, Ilham (Unknown)
irmawati, irmawati (Unknown)
Saridewi, Atika (Unknown)
Marwa, Marwa (Unknown)
Mirna, Mirna (Unknown)
Nurmawansa, Nurmawansa (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2025

Abstract

Kesulitan belajar matematika merupakan tantangan serius dalam sistem pendidikan Indonesia yang memerlukan pendekatan inovatif untuk mengatasinya. Penelitian ini mengkaji literatur terkait berbagai pendekatan inovatif yang telah dikembangkan untuk mengatasi kesulitan belajar matematika siswa. Melalui analisis sistematis terhadap 15 artikel penelitian dari jurnal nasional dan internasional yang diterbitkan antara 2020-2024, penelitian ini mengidentifikasi lima pendekatan inovatif utama: teknologi pembelajaran digital dan adaptif, pembelajaran berbasis permainan (gamifikasi), pendekatan design thinking, pembelajaran diferensiasi, dan manipulatif visual dan hands-on learning. Hasil menunjukkan bahwa pendekatan teknologi digital menunjukkan efektivitas tertinggi dengan peningkatan hasil belajar hingga 65%, diikuti oleh gamifikasi (58%) dan pendekatan manipulatif (52%). Namun, implementasi masih menghadapi tantangan seperti keterbatasan infrastruktur, kurangnya pelatihan guru, dan kesenjangan akses teknologi. Penelitian merekomendasikan pengembangan model pembelajaran hibrid yang mengintegrasikan berbagai pendekatan inovatif dengan mempertimbangkan konteks lokal dan karakteristik siswa Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...