Penelitian ini bertujuan untuk menelaah kesalahan yang muncul dalam penyelesaian soal operasi aljabar oleh siswa, ditinjau dari jenis kesalahan dan faktor penyebabnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek 22 siswa kelas IX MTS Negeri 1 Polewali Mandar yang telah mempelajari materi operasi aljabar. Instrumen penelitian terdiri atas 8 soal uraian yang dianalisis berdasarkan kategori kesalahan dan faktor penyebabnya. Data dianalisis menggunakan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan utama yang dilakukan siswa dapat diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu kesalahan konseptual, kesalahan prosedural, dan kesalahan teknis. Kesalahan konseptual muncul akibat lemahnya pemahaman siswa terhadap konsep dasar aljabar, kesalahan prosedural timbul karena langkah penyelesaian yang tidak sistematis, sedangkan kesalahan teknis terjadi karena kurangnya ketelitian dalam perhitungan dan penulisan simbol. Faktor penyebab yang mendasari kesalahan tersebut meliputi rendahnya penguasaan konsep dasar, keterbatasan materi prasyarat, kurangnya ketelitian, serta pengaturan waktu yang tidak efektif.
Copyrights © 2025