Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat dan menganalisis implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran PAK untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran siswa kelas XI di sekolah SMA Negeri 1 Selesai. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara. Teknik wawancara dilakukan dengan terstruktur dengan menggunakan metode wawancara. Analisis data penelitian bersikap deskriptif. Adapun informan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa Pendidikan Agama Kristen di SMA Negeri 1 Selesai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran PAK telah berjalan dengan cukup baik. Guru berperan aktif dalam menyusun perangkat ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa, melaksanakan pembelajaran berbasis projek, serta memberikan ruang bagi siswa untuk mengembangkan kreativitas, keterampilan berpikir kritis, dan sikap spiritual. Dari sisi siswa, penerapan kurikulum ini berdampak positif terhadap efektivitas pembelajaran, ditandai dengan meningkatnya partisipasi, pemahaman materi, serta motivasi belajar. Dengan demikian, ditemukan pula beberapa kendala, seperti keterbatasan sumber daya pendukung dan adaptasi guru dalam menerapkan metode yang lebih variatif. Secara keseluruhan, implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran PAK terbukti mampu meningkatkan efektivitas pembelajaran siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Selesai.
Copyrights © 2025