Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perhatian dan mengurangi perilaku mengganggu melalui teknik mindfulness di TK Al Hidayah 74 Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember. Mindfulness merupakan teknik yang mengajarkan anak untuk fokus pada momen sekarang tanpa menghakimi, yang terbukti efektif dalam mengurangi kecemasan dan meningkatkan kesadaran diri. Teknik ini membantu anak mengatur emosi, fokus pada instruksi, serta merespons perasaan secara positif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, yang memungkinkan peneliti untuk memahami fenomena secara mendalam. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru, dan wali murid. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil observasi awal menunjukkan beberapa anak menunjukkan perilaku mengganggu seperti mengajak bicara teman, mengganggu anak lain, serta berjalan-jalan saat pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman mengenai efektivitas mindfulness dalam meningkatkan perhatian dan mengurangi perilaku mengganggu. Sumber data penelitian diperoleh dari data kuantitatif hasil belajar siswa. Hasil penelitian siklus 1 indikator 1 diperoleh siswa yang tuntas secara individu sebanyak 5 siswa dari 12 siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 40% dan pada indikator 2 diperoleh siswa yang tuntas secara individu sebanyak 5 siswa dari 12 siswa dengan ketuntasan klasikal 42%. Sedangkan hasil penelitian siklus 2 mengalami indikator 1 diperoleh siswa yang tuntas secara individu sebanyak 11 siswa dari 12 siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 91% dan pada indikator 2 diperoleh siswa yang tuntas secara individu sebanyak 10 siswa dari 12 siswa dengan ketuntasan klasikal 82%. Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi guru dan orang tua dalam menerapkan teknik mindfulness untuk meningkatkan perhatian serta mengurangi perilaku mengganggu pada anak usia dini.
Copyrights © 2025