Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)
Vol. 6 No. 3 (2025): Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)

Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Anak dengan Integrasi Teknologi Digital di TK Anisa

Yanti, Dewi Eka (Unknown)
Afandi, Ahmad (Unknown)
Ashadi, Firman (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar anak kelas A, dengan fokus pada perubahan perilaku, minat, dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Tujuan umum penelitian ini ialah untuk meningkatkan motivasi belajar anak untuk mendukung perkembangan anak, terutama dalam membangun rasa ingin tahu. Sementara itu, tujuan khususnya adalah untuk mengevaluasi seberapa efektif teknologi digital dalam meningkatkan motivasi belajar anak dengan integrasi teknologi digital di TK Anisa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengikuti model yang dikembangkan oleh Kemmis Mc Taggart yang meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 15 anak kelompok A di TK Anisa Sumbersari Jember. Teknologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penggunaan laptop dan LCD proyektor, dengan menggunakan media Power point yang didalamnya terdapat penjelasan serta video pembelajaran yang dibuat oleh guru untuk meningkatkan motivasi belajar anak, perilaku, minat anak. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar anak, yang ditunjukkan melalui kegiatan pembelajaran menggunakan teknologi digital. Sumber data penelitian diperoleh dari data kualitatif berupa data hasil belajar siswa. Hasil penelitian siklus 1 diperoleh siswa yang tuntas secara individu sebanyak 6 siswa dari 15 siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 40%. Sedangkan hasil penelitian siklus 2 mengalami peningkatan dengan jumlah siwa yang tuntas secara individu sebanyak 12 siswa dari 15 siswa dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 80 %. Penelitian ini juga diharapkan bisa memberikan manfaat guru dan orang tua dalam memanfaatkan teknologi digital sebagai alat pembelajaran yang sesuai dan efektif untuk anak usia dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jkip

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan is published by Lembaga Riset dan Inovasi Al-Matani as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of Business Management and Accounting Studies. First publish in November 2020. The Editorial ...