Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan siswa dalam melaksanakan sholat wajib melalui penerapan strategi Modelling The Way pada kelas III SD Negeri Montasik. Latar penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan praktik sholat pada siswa yang tercermin dari rata-rata awal 60,22 dengan 17 siswa (74%) belum tuntas. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian melibatkan 23 siswa kelas III (10 laki-laki dan 13 perempuan). Instrumen yang dipakai adalah lembar observasi aktivitas belajar, lembar penilaian praktik sholat, dan tes praktik; analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan kriteria keberhasilan minimal 85% siswa tuntas (KKM ≥ 65). Hasil menunjukkan peningkatan yang signifikan: setelah siklus I rata-rata nilai meningkat menjadi 71,52 dengan 4 siswa (≈17,35%) belum tuntas, dan pada siklus II rata-rata naik menjadi 81,95 dengan seluruh siswa (100%) tuntas. Aktivitas belajar yang semula dalam kategori baik meningkat menjadi amat baik pada siklus akhir. Kesimpulannya, strategi Modelling The Way efektif meningkatkan keaktifan dan kemampuan praktik sholat wajib siswa di SDN Montasik.
Copyrights © 2024